Kamis, 09 Mei 2013

Fakta Unik mengenai Internet


Internet bukan barang baru lagi bagi kita.. Dikit - dikit, nyari di internet, dikit-dikit nyari di internet.. Sampai ada iklan lumayan lucu dari perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia (you know-lah) yang dialognya bisa ngga nyari kambing hilang di internet...??
Memang, Internet telah menjadi katarsis yang merevolusi budaya masyarakat dunia menuju masyarakat informasi. Indonesia yang masih tertinggal soal internet pun sudah mulai terbawa arus perubahan masyarakat- dunia tersebut.

Well ...
Sebagai penambah pemahaman soal Internet, berikut ini adalah beberapa fakta-fakta menarik soal internet :

1. Jaringan Internet untuk pertama kali di awali pada tahun 1969 sebagai " ARPANET ", yang di bangun oleh ARPA ( United States Departement of Devence Advanced Research Projects Agency)..
Beberapa penyelidikan awal yang di sumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet Switching). Pada 01 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari internet yang kita kenal saat ini. Jdi, berterimakasihlah kepada ARPA.

2. Surat elektronik atau Elektronic Mail (e-mail) pertama yang berhasil di kirimkan antar dua mesin di lakukan oleh seorang insinyur pendiam, Ray Tomlisen di BBN suatu hari di tahun 1972.
Sebelumnya, Tomlisen telah menulis program mail untuk Tenex, sistem operasi yang di kembangkan BBN , yang hingga sekarang masih beroperasi pada mesin PDP - 10 ARPANET. Selain itu, yang juga monumental adalah Pak Tomlisen yang menemukan lambang @ pada e-mail yang kemudian di gunakan orang di seluruh dunia ... ( luar biasaaaaaa )

3. Berdasarkan catatan who is ARIN dan APNIC, protokol Internet ( IP ) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB ( 192.41.206/24) di daftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988... ( hebat togh)

:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar